Hukum Malam Jum'at Membaca Surat Yasin



Malam Jumat hukumnya boleh baca Surat Yasin, tapi jangan dikhususkan hanya pada malam Jum'at, karena yang disunnahkan pada malam Jum'at adalah Surat Al Kahfi.
Seperti pada hadits berikut :

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ
Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.” (HR. Ad Darimi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6471)
dan hadits yang lain : 

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ
Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470)

Dan yang terpenting lagi adalah kita beramal harus mempunyai landasan / dalil yang shahih, karena Allah SWT melihat kita yang terlebih dahulu adalah yang lebih baik amalnya, seperti dalam firmanNya :
Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang LEBIH BAIK AMALnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun, (QS AL MULK :2)
,tentu amal yang baik hanya bisa diperoleh dari ilmu / dalil yang benar.
Solusi bagi yang sudah terbiasa malam Jum'at baca Yasin hendaklah dahulukan baca Al Kahfi, selanjutnya boleh(tapi tidak dikhususkan) baca Yasin. Dan dibarengi dengan kebiasaan baca Yasin pada hari-hari yang lain. 
Semoga kita terhindar dari bid'ah dan termasuk orang yang beramal dengan ilmu.
Wallahu A'lam Bishawab

.

Related

Ilmu Islam 1951471328741940874

Post a Comment

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Please Bantu Saya, Like This !!!

×

Powered By Blogger Widget and Get This Widget

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item