6 Tips Menjaga Kesucian Diri Dalam Islam



Berikut 6 tips untuk pemuda muslim agar tetap terjaga kesucian diri agar terhindar dari hal-hal yang diharamkan oleh Allah SWT. 

Jaga kesucianmu jangan kau nodai.

JAGA MATA, JAGA KEMALUAN
Allah SWT telah memerintahkan kepada hamba-Nya untuk selalu menjaga mata dan kemaluan mereka, sebagaimana firman-Nya, “Katakanlah kepada wanita-wanita mukminah : Hendaklah mereka menundukkan pandangan mata mereka dan menjaga kemaluan mereka…” (An-Nur : 31)
Dalam hal ini Allah SWT memberikan perintah kepada kaum muslimin untuk menundukkan pandangan mata mereka dan menjaga kemaluan mereka. Termasuk menjaga kemaluan adalah menjaganya dari perbuatan zina, liwath (homoseksual) dan lesbian, dan juga menjaganya dengan tidak menampakkan dan menyingkapnya di hadapan manusia.”

TIDAK BERSENTUHAN ATAU BERJABAT TANGAN
Termasuk upaya menjaga iffah adalah dengan menjauhkan diri dari bersentuhan dengan lawan jenis akan membangkitkan gejolak didalam jiwa yang akan membuat hati itu condong kepada perbuatan keji dan hina. ‘Aisyah berkata tentang teladan kita yaitu Rasulullah SAW, “Tangan Rasulullah SAW tidak pernah menyentuh tangan wanita, kecuali tangan wanita yang dimilikinya (istri atau budak beliau).” (Riwayat Al-Bukhari).

NGGAK SAFAR TANPA MAHRAM
Bagi kamu yang suka bepergian tidak diperkenankan safar sendirian tanpa didampingi mahramnya yang akan menjaga dan melindunginya dari gangguan. Rasulullah SAW bersabda, “Tidak boleh seorang wanita safar kecuali didampingi mahramnya.” (Riwayat Al-Bukhari dan Muslim).
  
NGGAK BERDUAAN
Tidak berduaan dengan lelaki/wanita yang bukan mahram adalah tindakan untuk menjaga diri dari noda, bahkan Rasulullah SAW telah memperingatkan kita dalam sabda beliau, “Tidak boleh sama sekali seorang lelaki bersepi-sepi dengan seorang wanita kecuali bila bersama wanita itu ada mahramnya.” (Riwayat Al-Bukhari dan Muslim).
Bahkan dikatakan Nabi SAW kalo seseorang berduaan dengan yang bukan mahramnya, pastilah yang ketiganya adalah setan. Naudhubillah !

MENJAUH DARI MAKSIAT DAN FITNAH
Mendengarkan musik, nyanyian, menonton film, gambar yang mengumbar aurat dan semisalnya acap kali mendorong seseorang untuk makin terjerumus dalam kubangan dosa yang kelam yang merusak hati dan harga dirinya.

BANYAK DOA
Muslim yang bijak adalah selalu berupaya menjaga kesucian dirinya dengan menjauhkan diri dari perbuatan maksiat dan dosa. Meski menjaga kesucian diri bukan sesuatu yang remeh tetapi dengan memohon pertolongan Allah SWT dan banyak berdoa kepada-Nya disertai usaha yang keras pastilah akan ditolong oleh Allah SWT.
“Dan orang-orang yang sersungguh-sungguh untuk mencari keridhaan Kami, benar-benar akan kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.” (Al-‘Ankabut : 69).

Itulah sobat! Beberapa hal yang bisa membantu kita mampu menjaga diri dari keharaman yang  banyak diterjang kaum remaja. Hanya kepada Allah SWT kita memohon pertolongan!


Related

Tips 7514743942516863053

Post a Comment

  1. Great to see that someone still understand how to create an awesome blog.
    The blog is genuinely impressive in all aspects.
    Great, I like this blog.
    judi poker

    ReplyDelete

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Please Bantu Saya, Like This !!!

×

Powered By Blogger Widget and Get This Widget

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item